Perencanaan Pekerjaan MCK Lingkungan

Dengan semakin berkurangnya lahan membuat orang harus berfikir ulang untuk sekedar membangun sebauh rumah, belum lagi kelengkapan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) yang juga perlu difikirkan pula. Selain itu, karena berbagai alasan banyak orang yang tidak memiliki MCK, oleh karena itu perlu difikirkan solusi agar bisa memecahkan masalah, terutama di wilayah-wilayah yang memang banyak penduduk yang tidak memiliki MCK.
MCK Lingkungan
Salah satu solusi barangkali dengan membangun MCK lingkungan. MCK Lingkungan dibangun pada lokasi tertentu baik secara tunggal maupun bersama (komunal). Model dan bentuknya bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi setempat. Untuk pembuatan MCK wajib dilengkapi dengan penyediaan air bersih, pembuatan saluran pembuangan, septic tank dan peresapan.

Untuk satu jamban/unit dan satu kamar mandi/unit dapat melayani 12 kepala keluarga (KK) atau kurang lebih 60 orang, sedangkan kebutuhan MCK untuk satu permukiman adalah 3-5 unit. Dalam merencanakan MCK lingkungan wajib memperhatikan hal-hal berikut, diantaranya adalah:
  1. Pencapaian ke lokasi MCK harus mudah dan tidak mengganggu lingkungan.
  2. Sistem penyediaan air bersih kontinyu dan tidak boleh berhenti. Jarak antara peresapan dengan sumber air minimal 11 meter.
  3. Sistem peresapan yang mampu menampung kapasitas jumlah warga dan direncanakan tidak terjadi kebocoran.
  4. Struktur dan bahan bangunan harus aman, mudah didapat, serta mudah dilakukan perawatan dan pemeliharaannya.
Nah, demikian beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam merencanakan MCK lingkungan. Semoga bermanfaat.