Pentingnya Mendesaian Rumah Agar Nyaman dan Sesuai Dengan Kebutuhan

Setiap rumah pasti sudah dipersiapkan untuk dapat ditempati dengan senyaman mungkin, sehingga sebagian orang sebelum membangun sebuah rumah sudah mendesain rumah mereka dengan melengkapi bagian-bagian ruang dengan fungsi masing-masing.

Tidak mengherankan bila mereka yang memiliki dana lebih akan membayar seorang juru desain atau arsitek untuk membuat rancangan rumah dengan sebaik mungkin. Karena memang sebuah rumah akan menjadi tempat kembali setelah seharian beraktifitas. Kenyamanan merupakan tuntutan yang sebisa mungkin harus dipenuhi agar kondisi fisik maupun secara psikologis dapat kembali normal setelah seharian dikuras dengan beragam aktifitas.
Penataan ruang merupakan hal yang tidak kalah penting dalam sebuah desain, karena masing-masing ruang akan memberi fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Umumnya, yang harus ada dalam sebuah rumah adalah ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, kamar tidur dan dapur. Akan tetapi, bila tersedia lahan yang luas bisa dilengkapi dengan ruang makan, musholla atau tempat ibadah serta ruang privasi lain sesuai dengan kebutuhan.


Bila dirasa lahan dan dana tidak mencukupi, memanfaatkan ruang-ruang yang ada secara multifungsi juga tidak masalah. Misalnya saja ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu, dapur yang jadi satu ruang dengan ruang makan, dan ruang-ruang lain yang bisa disatukan sesuai dengan tempat dan kebutuhan.

Hal yang mungkin mau tidak mau harus berdiri sendiri adalah kamar tidur, karena bagaimanapun juga kamar tidur adalah hal yang paling privasi. Terutama bagi orang tua, tidak mungkin akan menjadi satu dengan kamar anak. Bila masih usia balita atau anak-anak mungkin masih tidak menjadi masalah, tapi tidak mungkin kan orang tua akan tidur sekamar dengan anak yang sudah menginjak usia remaja?.

Hal yang umum dijumpai dalam kasus kamar tidur adalah penggunaan ruang keluarga sebagai ruang tidur, biasanya yang memanfaatkan ruang keluarga untuk tempat istirahat adalah anak-anak. Karena memang bagi anak-anak belum begitu mementingkan hal-hal yang bersifat pribadi, lain bagi yang sudah masuk usia remaja bahkan dewasa, mereka butuh ruang yang tidak semua orang boleh memasukinya.

Nah, mengingat pentingnya penataan ruang dan desain sebuah rumah, maka sebelum membangun sebuah rumah perlu mempetimbangkan masak-masak, posisi ruang dan kebutuhan akan bermacam ruang untuk keperluan keluarga. Mungkin sebagian orang terkendala akan lahan dan juga biaya, tetapi kembali lagi, membangun rumah terkadang tidak harus sekali jadi, bisa secara bertahap sesuai dengan kemampuan. Semoga bermanfaat.