Tips/ Pertimbangan Memilih Rumah Kontrakan

Bagi Anda yang saat ini belum punya rumah sendiri, atau sudah punya rumah sendiri tapi sedang bekerja/berdomisili di daerah lain, barangkali saat ini sedang mencari rumah kontrakan. Nah, sebelum memilih atau menentukan rumah yang akan dikontrak, ada baiknya dipertimbangkan secara matang agar tidak menyesal kemudian hari. Kenapa demikian?, saat ini banyak yang karena alasan kemendesakan akhirnya memilih rumah kontrakan asal dapat dan hanya melihat bentuk fisik rumah saja.
Tips/ Pertimbangan Memilih Rumah Kontrakan
Rumah kontrakan
Ada beberapa hal yang terkadang terlupakan, padahal kalau sudah dibayar sewa kontraknya, kita tidak bisa meminta uang kita kembali kecuali ada perjanjian sebelumnya. Kalau kita merasa nyaman dirumah tersebut sih tidak masalah, tapi kalau sebaliknya?, kan rugi kita.

Saya sudah beberapa kali pindah rumah kontrakan, kebetulan saya bekerja di luar kota sehingga butuh rumah untuk tinggal bersama dengan teman-teman kerja lainnya. Ada beberapa pertimbangan sebelum memilih atau menentukan rumah kontrakan, diantaranya:
  • Keuangan/ dana yang tersedia. 
  • Ketersediaan air bersih dan listrik yang memadai, karena air dan listrik merupakan kebutuhan yang sangat vital.
  • Usahakan ruang yang tersedia sesuai dengan kebutuhan.
  • Perhatikan betul kondisi rumah, apakah masih baik atau sudah rusak, bersih atau kotor, bocor tidak, kalau musim hujan banjir tidak , dll.
  • Kondisi lingkungan sekitar rumah aman.
  • Fungsi rumah kontrakan, hanya tempat tinggal atau digunakan untuk keperluan lain, tempat usaha misalnya.
  • Letak rumah, strategis, dekat sekolah, dekat rumah sakit, dekat tempat belanja atau pasar, dekat tempat ibadah, dll.
Beberapa hal diatas barangkali hanya sebagian, masih ada pertimbangan lain yang barangkali lebih terkait dengan selera pribadi. Perlu diingat, kalau misalnya kita merasa nyaman tinggal dirumah yang kita kontrak tersebut, kita bisa memperpanjang untuk beberapa tahun kedepan, otomatis bisa lebih menghemat waktu dan pengeluaran, karena kita tak perlu repot mencari rumah kontrakan baru, tinggal memperpanjang saja tiap tahunnya. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

artikel yang sangat menarikk..

Reply