Bahaya Asbes | Alasan Asbes Dilarang Digunakan/ Tidak Di rekomendasikan

Asbes, barangkali kita sudah tidak asing lagi dengan material ini, atau minimal kita pernah dengar namanya. Banyak kita jumpai rumah atau bangunan lain yang menggunakan asbes sebagai penutup atap. Padahal, dari beberapa penelitian mengungkapkan bahwa asbes tidak direkomendasikan untuk digunakan karena berbahaya bagi kesehatan.

Kenapa asbes berbahaya?, karena asbes tersusun dari fiber-fiber mineral alami, dan dalam kenyataannya beberapa jenis fiber yang terkandung dalam asbes bisa membahayakan manusia. Asbes terdiri dari serat-serat , bahkan lebih tipis dari rambut manusia. Serat-serat yang sangat tipis, bahakn lebih tipis dari rambut manusia, yang terkandung dalam asbes bila terhirup paru-paru tidak akan bisa dikeluarkan oleh tubuh. Serat ini akan berada didalam paru-paru, dan secara perlahan akan memunculkan berbagai penyakit bagi manusia, seperti penyakit Asbestosis, Mesothelioma, hingga Kanker.

Oleh karenanya, beberapa negara mengatur regulasi khusus tentang penggunaan asbes sebagai bahan bangunan. Bahkan, The European Union melarang pemakaian semua jenis asbes, termasuk ekstraksi, pembuatan, hingga pengolahan produk asbes. Australia, Brazil, Kanada dan banyak negara lainnya telah membuat undang-undang tentang penggunaan asbes.

Asbes membahayakan tubuh, bila ada bagian yang rusak serat yang menyusun asbes terlepas ke udara, serat tipis yang beterbangan di udara dan terhirup manusia itulah yang membahayakan bagi kesehatan manusia. Namun dalam kenyataannya masih banyak yang menggunakan asbes, diluar konteks tahu atau tidak, seharusnya ada regulasi khusus mengenai penggunaan asbes ini. Demikian sekilas mengenai bahaya asbes dan alasan kenapa asbes dilarang/tidak direkomendasikan untuk digunakan, semoga bermanfaat.

2 komentar

tips yang sangat menarik dan bermanfaat
terima kasih sudah berbagi, ...monggo mampir juga sobat, dan salam sukses

Reply

Saat ini masih banyak juga yang memakai Asbes sebagai atap rumah mereka

Reply