Tips/ Cara Merawat Lantai Kayu (Parquet)

Bagi Anda yang mempunyai rumah yang material lantainya menggunakan kayu (parquet), tentu merasa awam dan mungkin saja masih bingung tentang cara perawatannya, karena jelas pasti akan sangat berbeda dengan cara perawatan lantai non kayu, lantai keramik misalnya.

Dari yang saya baca disebuah portal berita, ada beberapa tips untuk merawat lantai kayu (parquet), kurang lebihnya sebagai berikut:
  • Untuk pembersihan parquet, usahakan menggunakan kain kering, penyedot debu, atau kain yang bersifat statis (dapat mengangkat debu) saat membersihakan parquet. Kalau memang terpaksa harus menggunakan kain basah usahakan jangan terlalu basah agar parquet tidak lembap.
  • Untuk menjaga agar warna parquet tetap baik, usahakan parquet tidak langsung terkena sinar matahari.
  • Bila ada potongan pada bagian parquet, usahakan agar bagian yang terpotong dilapisi kembali (menggunakan kuas) dengan anti rayap, karena besar kemungkinan bagian tengah parquet tidak tergapai antirayap pada waktu di pabrik.
  • Tiap bulan sekali harus dilapisi dengan teak oil (agar tetap mengkilap) untuk parquet dari kayu solid, dan setahun sekali harus di coating ulang.
  • Usahakan jangan terlalu sering memindah furniture yang berada diatas parquet, atau bisa juga dengan memberi alas karet pada furniture tersebut. Untuk menghindari goresan pada parquet, jangan menggunakan alasa kaki keras, misalkan saja sepatu hak tinggi.
Demikian beberapa tips cara merawat lantai kayu (parquet), semoga bermanfaat.

3 komentar

Terima Kasih bantuan tipsnya ya Padang Cahaya!!!

Reply

Terimakasih tips nya sangat membantu untuk memberikan masukan ke klien kami...sedikit promosi apabila ada yang ingin pasang lantai kayu atau ingin beli bahan lantai kayu bisa hubungi kami di http://www.giriparket.com/ harga lantai kayu kami murah tapi kualita tidak murahan

Reply

Tips merawat lantai kayunya bagus ya. Semoga Ide Bangunan akan memberikan tips-tips lain yang bermanfaat.

Reply