Memanfaatkan Lahan Di Halaman Belakang

Sering kita jumpai rumah yang masih menyisakan banyak lahan kosong, entah itu di halamn depan, samping, maupun halaman belakang. Padahal, sebisa mungkin setiap lahan yang ada di seputar rumah bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin agar dapat memberi manfaat bagi pemilik rumah.
Khusus untuk lahan di halaman belakang, terkadang pemanfaatannya kurang begitu maksimal, bahkan terkadang dibiarkan apa adanya dengan rumput dan juga tanaman-tanaman yang kurang memberi manfaat lainnya. Padahal, kalau saja bisa ditata secara baik, halaman belakang bisa menjadi ruang santai yang nyaman bagi keluarga.

Dengan sedikit kreasi dan sentuhan, lahan di halaman belakang bisa dirubah menjadi menarik dan multifungsi. Kita bisa merubah halaman belakang menjadi ruang keluarga, ruang untuk menerima tamu, tempat olah raga, dan masih banyak manfaat lain yang bisa dimaksimalkan dari menata dan mengolah lahan di halaman belakang.

Beberapa hal yang bisa dijadikan ide untuk menata lahan dihalaman belakang diantaranya:
  • Apabila lahan dihalaman belakang masih memungkinkan, bisa membuat saung atau pendopo yang berada diatas kolam. Saung dibuat dengan konstruksi rumah panggung dengan lantai kayu diatas permukaan air/ kolam. Dengan demikian, selain bisa dimanfaatkan untuk bersantai, bisa juga dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi memelihara ikan didalam kolam tersebut.
  • Apabila luas lahan tidak memungkinkan untuk saung atau pendopo, lahan kosong yang tersedia bisa dimanfaatkan sebagai taman yang menyatu dengan teras. Halaman belakang bisa dipercantik dengan menambahkan tanaman hias atau kolam ikan.
  • Selain dua alternatif diatas, lahan di belakang rumah bisa dimanfaatkan juga sebagai ruang atau tempat olah raga. Beberapa peralatan olah raga bisa diletakkan ditempat tersebut, dan bisa menata tanaman yang ada dibelakang agar sesuai dengan kenyamanan saat berolahraga.
Dengan beberapa alternatif pemanfaatan lahan di halaman belakng tersebut diharapkan setiap lahan yang ada didalam pekarangan ruamh bisa memberi manfaat dan bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Kita bisa meng-eksplore sesuai dengan selera. Semoga bermanfaat.