Tips Membersihkan Rumah Setelah Kebanjiran

Musim hujan sudah tiba, saat dimana banyak orang was-was dengan kondisi lingkungan, apalagi bagi lingkungan yang terbiasa tergenang banjir. Kalau hanya disekitar rumah mungkin masih tidak terlalu mengkhawatirkan, namun kalau sudah masuk kedalam rumah dan menggenangi rumah?, ini yang membuat masalah jadi tambah runyam.
Tips Membersihkan Rumah Setelah Kebanjiran
Membersihkan Rumah / gbr: www.infodapur.com
Air yang menggenang dalam rumah bisa merusak barang-barang di dalam rumah, seperti perabot rumah, buku, barang elektronik, dan lain sebagainya. Ruangan pun juga akan kotor dan bau. Kalau sudah begini, harus dilakukan langkah agar barang yang tergenang banjir bisa tetap awet. Beberapa cara yang bisa dilakukan agar barang tetap awet pasca terendam banjir.

Untuk barang-barang elektronik sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu, jangan langsung dinyalakan atau dihubungkan dengan dengan listrik sebelum barang elektronik tersebut di servis. Untuk buku atau kertas berharga lainnya sebaiknya dipisahkan satu dengan yang lainnya agar tidak lengket saat dijemur.

Untuk perabot atau mebel, langkah pertama bersihkan perabot dari banjir agar tidak flek. Kemudian oleskan minyak atau silikon untuk membersihkan noda. Setelah itu, gosok dengan kain lap bersih sampai noda yang menempel hilang. Tidak ada salahnya perabotan tersebut dipelitur ulang agar kembali mengkilap.

Jangan buru-buru membawa karpet ke pencucian, karena ada cara sederhana untuk menghilangkan bau akibat terendam banjir. Setelah banjir surut, gelar karpet di halaman, semprot dengan air bersih di sisi depan dan belakang unuk menghilangkan kotoran yang tertinggal. Setelah yakin bersih, keluarkan sisa air yang ada dengan serokan karet. Bila sudah, selanjutnya cuci karpet dengan sampo sambil disikat searah serat karpet agar tidak rusak. Sesudah itu, semprot dengan air bersih dan jemur. Sebaikny dijemur bolak balik sisi depan belakang agar keringnya merata dan menghindari berkembangnya jamur.

Kasur merupakan salah satu perabotan yang sulit untuk dibersihkan setelah kebanjiran, karena sering flek air hujan sulit dibersihkan dar kain kain kasur. Ada cara yang bisa dilakukan agar kasur tetap bisa digunakan walaupun telah terendam banjir. Siram dengan air bersih sambil sikat untuk membersihkan kotoran sebelum kasur dijemur. Setelah itu, semprot dengan desinfektan, sesudah itu jemur sambil dibolak balik dan dipukul beberapa kali. Bila sudah kering, kasur dibersihkan lagi dari sisa kotoran yang masih membandel. Tahap selanjutnya, semprotkan pewangi beberapa kali dan jemur kembali sampai kering. Setelah itu, kasur bisa digunakan kembali. Semoga bermanfaat.