Cara Melakukan Pemeliharaan Jamban Jongkok Yang Tersumbat

Mempunyai jamban yang mengalami permasalahan tentu tidak menyenangkan, karena pastinya akan membuat tidak nyaman karena jamban tidak dapat digunakan. Tapi tidak perlu kuatir, sebab ada beberapa langkah yang bisa kita ambil sebelum memutuskan untuk memanggil tenaga ahli atau bahkan buat jamban baru. 
Cara Melakukan Pemeliharaan Jamban Jongkok Yang Tersumbat
Jamban Jongkok
Langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk melakukan pemeliharaan jamban jongkok yang tersumbat adalah:

Mencari Penyebab Tersumbatnya Jamban
Untuk mencari penyebabnya, beberapa bagian jamban bisa kita telititi, yaitu:
  • Periksa lubang pipa pembuangan, bisa jadi pipa tersumbat oleh kotoran
  • Periksa tangki septik dan sumur resapan, bisa jadi tersumbatnya jamban dikarenakan tangki tangki septik dan resapan sudah penuh
Cara Memperbaiki 
Bila kita sudah mengetahui penyebab tersumbatnya jamban, misalnya seperti sebab diatas, langkah selanjutnya adalah memperbaikinya dengan langkah sebagai berikut: 
  • Lakukan penyodokan lubang plat jongkok, kemudian lakukan penggelontoran atau pembilasan lakukan berulang kali sampai tidak terjadi genangan di lubang plat jongkok 
  • Pipa pembuang harus dibersihkan agar tidak tersumbat 
  • Tangki septik / cubluk dibuang lumpurnya. 
  • Sisakan sedikit lumpur, jangan sampai habis
Dengan langkah-langkah diatas diharapkan permsalahan tersumbatnya jamban jongkok dapat teratasi. Selain langkah atau cara diatas barangkali masih ada teori lainnya, apa yang saya sampaikan adalah berdasar teori yang saya baca disebuah buku. Bila dirasa masih kurang tepat atau masih mengalami kendala, Anda bisa mencari referensi lain. Semoga bermanfaat.