Pentingnya Perencanaan Dalam Membangun, Jangan Asal Mengerjakan

Membangun adalah pekerjaan yang boleh dibilang mudah, jika pembandingnya adalah memelihara. Kenapa demikian?, karena menurut saya selama ada dana untuk membangun, semua bisa dikatakan mudah karena sudah ada pendukung utama untuk terlaksananya sebuah proses membangun. Tapi, untuk pemeliharaan biasanya minim sekali dana yang dianggarkan, bahkan banyak yang harus berswadaya untuk pemeliharaan sebuah bangunan.
Perlu Perencanaan Dalam Membangun, Jangan Asal Mengerjakan
Oleh sebab itu, untuk membuat bangunan lebih bagus hasilnya dan bermanfaat secara maksimal, sebelum membangun perlu dibuat sebuah perencanaan yang jelas. Banyak kasus yang terjadi, hasil pekerjaan kurang bagus atau tidak berfungsi sebagai mana mestinya, semua karena kurang perencanaan dan asal membangun saja. Beberapa contoh kasus yang sering ditemui diantaranya adalah:

Membangun Rumah

Dalam membangun sebuah rumah, sering dijumpai pemasangan pondasi yang kurang dalam, pemasangan kolom tidak lurus, pemasangan balok tidak bertumpu pada kolom, pembesian struktur beton yang tidak sesuai, dan lainnya. Bisa baca tulisan terkait dengan kesalahan membangun sebuah rumah di tulisan ini: Kesalahan Mendasar Dalam Membangun Sebuah Rumah

Membangun Saluran

Beberapa kesalahan dalam membangun sebuah saluran diantaranya kurang memperhatikan tinggi rendah saluran, bibir saluran lebih tinggi dari permukaan jalan, dimensi saluran yang kurang besar, fungsi atau kegunaan saluran yang kurang jelas, hulu-hilir saluran kurang jelas, dll. Untuk lebih jelas mengenai uraian kesalahan dalam membangun saluran bisa baca di tulisan berikut: Beberapa Kesalahan Saat Membangun Sebuah Saluran

Membangun Jalan

Kesesuaian jenis struktur jalan sangat penting. Banyak kasus pembangunan jalan yang sia-sia karena struktur yang dibangun tidak sesuai dengan lokasi yang dibangun. Kadang terjadi jalan bergelombang, jalan amblas, jalan kemiringannya kurang, terjadi genangan di badan jalan, umur jalan yang tidak lama, dll. Perencanaan diperlukan agar tidak terjadi kesalahan dan kegagalan dalam membangun jalan.


Apa yang tertulis diatas hanya beberapa contoh kesalahan dalam merencanakan dan mungkin juga dalam pelaksanaannya. Masih banyak pekerjaan-pekerjaan lain yang kadang mengalami kendala dan hasil kurang bagus akibat kesalahan dalam perencanaan. Selain karena faktor perencanaan yang kurang jelas, faktor pelaksanaan yang tidak memperhatikan perencanaan juga bisa menjadi penyebab "kegagalan" sebuah bangunan. 

Apapun jenis pekerjaannya, perlu perencanaan yang bagus dan digunakan sebagai acuan dalam membangun, akan menjadi sebuah kesia-siaan apabila mempunyai perencanan bagus tapi tidak digunakan sebagai acuan dalam membangun.