Tips/ Pertimbangan Memilih Rumah/ Perumahan

Rumah, mungkin saat ini bukan hanya sebagai tempat tinggal saja, namun fungsinya juga semakin luas, salah satunya sebagai investasi. Dengan semakin berkurangnya lahan, perumahan menjadi salah satu alternatif untuk dapat mendapatkan rumah tinggal maupun hanya untuk sekedar ber-investasi.

Memilih rumah atau lokasi perumahan memang gampang-gampang susah, tak jarang dalam memilih rumah orang menjadi menyesal karena banyak alasan, bisa karena banjir, jauh dari fasilitas sosial, atau berhenti dalam pengembangannya. Nah, sebelum memilih rumah ada baiknya mempertimbangkan secara matang tentang beberapa hal, diantaranya adalah:
  • Sesuaikan dengan kondisi keuangan, jangan sampai melebihi dari batas kemampuan. Kalau misalnya punya uang lebih, barangkali tidak masalah, tapi bagi yang kondisi keuangannya pas-pasan tentu akan menjadi sebuah masalah seandainya melebihi dari keuangan yang ada. Banyak kasus over kredit rumah karena tiap
  • Lokasi yang strategis, misalnya: mudah dijangkau, dekat dengan pusat pendidikan, dekat dengan pusat ekonomi, dekat dengan perkantoran, dekat rumah sakit, dll.
  • Lingkungan yang aman dan nyaman, misalnya: kondisi lingkungan yang sejuk, hawa segar, bebas banjir, tidak rawan longsor, adanya jaringan listrik, air bersih 24 jam, jaringan komunikasi, jaminan keamanan, jauh dari pabrik, dll.
  • Lingkungan yang terus berkembang. Hal ini penting, jangan sampai nanti menyesal karena proses pengembangan lokasi terhenti. Sebagai contoh, apa yang dialami oleh saudara saya, awalnya komplek perumahan yang saat ini ditempati seperti menjanjikan, banyak rumah yang sudah berdiri meski belum ada pemesan, namun lama kelamaan entah karena faktor apa, saat ini perumahan tersebut berhenti pengembangannya, ada beberapa rumah yang sudah rusak karena tidak terawat. Kalau sudah begini, menyesal pasti akhirnya.
Demikian beberapa pertimbangan yang mungkin bisa dijadikan acuan dalam menentukan pilihan rumah atau lokasi perumahan. Tentu saja masih ada pertimbangan lain selain apa yang saya uraikan diatas, barangkali Anda bisa mencari referensi lain untuk menambah wawasan serta pertimbangan dalam menentukan rumah atau lokasi perumahan. Semoga bermanfaat.