Perlengkapan Untuk Melindungi Diri Dari Bahaya Semen

Pada postingan saya sebelumnya sudah saya utarakan mengenai dampak negatif atau resiko semen bagi kesehatan, untuk posting ini sedikit ingin saya ulas mengenai alat atau perlengkapan yang bisa digunakan untuk melindungi diri dari efek negatif semen, diantaranya adalah:

  • Sarung tangan. Barangkali sarung tangan dianggap merepotkan, tapi perlengapan ini penting untuk melindungi tangan dari alergi maupun dampak buruk lainnya.
  • Pelindung pernafasan (masker) yang dapat mencegah debu semen terhirup. Banyak orang yang sering menganggap enteng atau mengacuhkan penggunaan masker atau pelindung pernafasan, padahal penggunaan masker atau pelindung pernafasan sangat penting untuk mencegah debu semen agar tidak terhirup.
  • Sepatu tahan air yang dapat mencegah masuknya semen atau adukan ketika harus berdiri di atas adukan tersebut. Barangkali sering kita melihat pekerja bangunan yang tidak menggunakan pelindung kaki saat mencampur adukan, mungkin dianggap biasa, tapi sebenarnya hal tersebut kurang tepat, karena dapat membahayakan terhadap diri sendiri. Oleh karenanya perlu sepatu tahan air agar semen atau adukan tidak masuk atau bersentuhan langsung dengan kaki.
  • Pelindung mata yang perlu digunakan ketika mencampur, menuangkan atau aktifitas lain yang dapat membahayakan mata Anda. Hindari penggunaan lensa kontak pada saat bekerja dengan produk semen.
  • Baju kerja lengan panjang dan celana panjang. Dengan pemakaian baju lengan panjang maupun celana panjang dapat meminimalisir dampak negatif semen, misalkan saja untuk mencegah iritasi pada kulit.
Demikian beberapa alat atau perlengkapan yang bisa digunakan untuk melindungi diri dari bahaya semen. Jangan remehkan bahaya semen, mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.