Tips Memilih Warna Untuk Ruangan

Warna merupakan salah satu bagian penting dalam menghadirkan kesan dan keindahan di dalam ruangan atau rumah. Banyak orang yang memutuskan memberi warna tertentu dan berbeda-beda pada masing-masing ruangan, namun tidak sedikit pula yang menyamaratakan warna seisi rumah dengan jenis warna yang sama. Tak ada yang keliru, karena memang terkadang semua tergantung dari selera si pemilik rumah.
Pilihan Warna
Namun, jika dipandang dari segi fungsi, barangkali akan lebih indah kalau setiap ruang memiliki warna yang berbeda dan menyesuaikan dengan fungsi ruangan tersebut. Namun perlu diingat pula bahwa dalam menentukan warna untuk masing-masing ruangan tidak boleh asal, perlu pertimbangan keserasian dan kesan dari masing-masing warna. 

Misalkan saja untuk menciptakan kesan hangat dalam ruangan, kita bisa memilih warna merah, jingga, dan kuning. Sedangkan untuk menciptakan kesan sejuk lebih condong pada warna hijau, biru, dan ungu. Dari apa yang saya baca di harian Suara Merdeka edisi 20 April 2013, warna dapat menghadirkan kesan tertetu dan ada beberapa pertimbangan lain dalam menentukan warna untuk ruangan.

Warna merah dapat memancarkan energi cemerlang, vitalitas dan kesan dramatis. Untuk ruangan-ruangan yang bersuhu dingin seperti dapur dan kamar mandi dapat memilih warna merah agar kesan hangat dapat terasa. Namun jangan terlalu mencolok dalam penggunaannya, karena bisa menghadirkan lebih sempit. Agar terkesan lebih lembut, warna merah dapat dicampur dengan warna putih sehingga menjadi warna merah muda. Warna merah muda dapat menghadirkan kesan feminin yang lebih kuat, dan tentu saja dapat menghadirkan kesan romantis. Maka tek heran bila warna merah muda banyak digunakan pada kamr perempuan.

Warna jingga hampir sama dengan kesan warna merah, warna jingga berkesan menggugah bila dipadukan dengan warna hitam, abu-abu, putih,  atau biru. Bila dicampur dengan warna koral, apricot, dan putih, maka akan memberi nuansa lembut. Kombinasi warna ini cocok digunakan untuk warna dalam kamar tidur. Untuk menghadirkan kesan elegan dan hangat, warna jingga yang dikombinasikan dengan krem atau putih, cocok digunakan untuk ruang depan, ruang tamu, dan ruang kerja.

Warna kuning adalah warna yang melambangkan keceriaan, intelektualitas yang tinggi dan energi kreatif. Warna kuning bagus digunakan untuk kamar anak, koridor, dan kamar mandi. Warna kuning dapat dipadukan dengan warna netral atau biru, agar tidak terlalu menyilaukan. Ruangan sempit dapat terkesan lebih luas dengan warna kuning pucat, karena warna ini dapat memantulkan cahaya yang kuat.

Warna hijau merupakan warna keseimbangan. Bila digambarkan dengan spektrum warna, hijau terletak diantara warana-warna hangat dan dingin. Rona hijau pucat dapat menghadirkan kesan luas pada kamar mandi dan kamar tidur sempit. Untuk kesan elegan bisa menggunakan warna hijau zaitun. Warna ini cocok diaplikasikan pada ruangan bergaya kantri. namun perlu dicatat, warna hijau membutuhkan pencahayaan yang baik agar tidak gelap saat malam.

Warna biru dapat menyebarkan kesejukan dalam ruangan, karena warna ini berkarakter dingin. Dengan warna biru maka seseorang dapat menikmati suasana suasana sejuk dalam ruangan dan  membuat lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan. Oleh karena itu maka warna biru sangat cocok digunakan untuk kamar tidur dan ruang kerja.

Warna ungu merupakan warna yang banyak ragam. Ungu tua berkesan misteris dan ungu kemerahan berkesan elegan. Sebaliknya ungu muda menyiratkan kelembutan dan ringan. Perpaduan antara warna ungu muda dan warna ungu pastel dapat menghadirkan kesan anggun dan feminin. Warna ini sangat cocok dgunakan untuk kamar perempuan, sama seperti warna pink.

Demikian beberapa tips yang dapat dipergunakan untuk menentukan warna pada ruanagn/ rumah. Dengan memahami karakter masing-masing warna dapat memudahkan seseorang untuk menciptakan kesan yang diinginkan dalam ruangan. Semoga bermanfaat.