Teknis Pemasangan Plesteran Dinding ~ Cara Plester Dinding

Memasang dinding memang sudah "selesai" saat dinding bata sudah terpasang, namun secara fungsi belum bisa dikatakan maksimal karena baru awal. Sebelumnya sudah ditulis mengenai teknis pasangan bata, bisa baca tulisannya di link ini: Teknik Pasangan Bata Untuk Dinding ~ Cara Memasang Dinding Bata. Untuk menambah kekuatan dinding dan melindungi dinding dari pengaruh cuaca, maka dinding perlu di plester.

Kali ini akan dibahas mengenai langkah lanjutan dalam pekerjaan dinding seteleh dinding bata, yaitu terkait pekerjaan pelsteran dinding. Langkah teknisnya adalah sebagai berikut:
Cara Membuat Plesteran Dinding - Teknis Pemasangan Plesteran Dinding

Teknis plesteran

Berikut ini teknis pemasangan plesteran dinding
  • Basahi permukaan dinding sampai rata
  • Buat lajur kepala dengan jarak misalnya 1 meter s/d 2 meter sesuai jidar yang akan digunakan dan ketebalan sesuai ketentuan
  • Beri adukan lapisan komprot sampai rata
  • Buang butiran-butiran kamprot yang melekat tidak sempurna dengan alat penggaruk secara horizontal
  • Letakkan lapis badan plesteran dengan menggunakan sendok aduk
  • Ratakan permukaan dengan mistar perata dan bila terdapat lubang-lubang isi kembali dengan adukan
  • Padatkan dan ratakan permukaan plesteran dengan roskam
  • Bersihkan permukaan plesteran dari kotoran dan debu yang menempel dengan sikat halus atau kain basah.

Hal yang perlu diperhatikan pada aplikasi plesteran

Berikut ini hal-hal yang tak kalah penting terkait teknis aplikasi pemasangan plesteran dinding, yaitu:
  1. Plesteran pada dinding permukaan padat, misalnya produk dari beton precast (beton pracetak seperti dinding, kolom, balok), maka sebelum aplikasi plesteran maka permukaan dasarnya diberi lapisan pasta (campuran semen, air) lalu di kamprot ke dinding untuk membuat permukaan menjadi kasar sehingga mudah menempel.
  2. Plesteran pada dinding permukaan logam (biasanya kolom baja yang akan di plester), maka sebelum aplikasi plester maka harus dipasang kawat anyam pada permukan dinding dengan cara di las atau keling, langkah selanjutnya dapat mengikuti petunjuk aplikasi plesteran seperti di atas. 
Baca juga:
Demikian tadi ulasan mengenai teknis pemasangan dinding yang saya olah dari buku saku petunjuk praktis teknis aplikasi Holcim. Semoga bisa menambah wawasan. Tak ada salahnya untuk mencobanya, karena memang banyak hal baru yang bisa kita kerjakan, salah satunya dengan memasang plesteran, kalau sudah bisa, tak perlu kita mahal-mahal bayar tukang, bukan?. Semoga bermanfat.