Memanfaatkan Lahan Pekarangan Agar Rumah Lebih Nyaman dan Indah

Memiliki rumah dengan kondisi yang nyaman untuk ditinggali merupakan idaman banyak orang, karena memang secara fungsi rumah merupakan tempat kembali dan berumpul bersama dengan keluarga setelah seharian masing-masing anggota keluarga sibuk beraktifitas. Rumah juga merupakan cerminan kondisi pemilik rumah, sehingga perlu penataan sedemikian rupa agar tidak terkesan jorok dan seadanya.

Memanfaatkan interior maupun eksterior adalah hal yang lumrah, terutama bagi yang mempunyai dana lebih untuk itu. Akan tetapi, bagi yang hanya memiliki anggaran terbatas tentu saja perlu memutar otak agar kondisi rumah bisa lebih nayaman untuk ditempati dan kondisinya juga enak dipandang mata.
Memanfaatkan Lahan Pekarangan
Salah satu yang bisa dimanfaatan dari rumah untuk mempercantik adalah pekarangan, ya, pekarangan yang ada disekitar rumah bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai lahan baru penunjang keindahan. Tentu saja hal ini berlaku bagi rumah yang masih memiliki sisa lahan, karena sekarang ini banyak rumah yang kondisinya tidak memiliki sisa tanah, karena memang dengan semakin tingginya harga tanah membuat orang akhirnya menggunakan lahan sepenuhnya untuk didirikan bangunan.

Walau sebenarnya seberapaun sisanya tetap saja masih dapat dimanfaatkan, bergantung dari kreatiftas masing-masing. Banyak ide yang dapat dikembangkan dari apa yang ada disekitar rumah kita.

Untuk rumah yang masih memeiliki sisa tanah atau pekarangan, umumnya dibuat taman untuk menunjang keindahan rumah, dengan tambahan tempat bermain anak bagi yang memungkinkan. Selain itu, pekarangan rumah juga bisa dimanfaatkan untuk ditanami buah-buahan, mengingat saat ini sudah banyak jenis tanaman buah yang tidak membutuhkan lahan luas dan ukuran tanaman tidak begitu memakan banyak tempat.

Nah, saya kira tidak terlalu sulit untuk menemukan ide-ide segar pemanfaatan lahan pekarangan, baik yang luas maupun sempit. Saat ini tinggal buka youtube saja sudah tersaji bermacam contoh pemanfaatan lahan pekarangan. Akan tetapi, semua kembali kepada selera dan perencanaan, tentu saja yang tidak kalah penting adalah kondisi keuangan yang ada. Apapun itu, sekecil apapun potensi dari rumah yang bisa dikembangkan menjadi sarana menambah kenyamanan perlu dikembangkan. Rumah adalah tempat kembali, berkumpul dengan keluarga, melepas penat dan untuk menjamu siapa saja yang berkunjung, sebisa mungkin kita buat nyaman dan indah.